26.5 C
Jakarta
Jum, 23 Desember, 2022
BerandaPiala DuniaPenantian 64 Tahun Wales ke Piala Dunia Tuntas, Rakyat Berpesta di Cardiff

Penantian 64 Tahun Wales ke Piala Dunia Tuntas, Rakyat Berpesta di Cardiff

Date:

Related stories

Prediksi Piala Dunia 2022: Prancis vs Maroko

Setelah pertandingan antara Argentina melawan Kroasia yang dimenangkan oleh...

Piala Dunia Qatar 2022: Prediksi Skor Argentina vs Kroasia

Pada lanjutan Piala Dunia Qatar 2022, Argentina dan Kroasia...

Piala Dunia 2022: Hasil Kuarter Final dan Jadwal Semi Final

Hasil mengejutkan dari babak kuarter final Piala Dunia 2022...

Prediksi Piala Dunia 2022 Kuarter Final: Kroasia vs Brasil dan Belanda vs Argentina

Babak knockout kuarter final atau delapan besar Piala Dunia...

Kala drawing Piala Dunia 2022 berlangsung pada Jumat, 1 April 2022 di Doha, Qatar, tersisa tiga tempat yang masih diperebutkan oleh beberapa tim. Yaitu dua kuota hasil playoff interkontinental yang kemudian dimenangkan oleh Australia dan Kosta Rika, serta satu kuota hasil playoff zona Eropa atau UEFA yang akhirnya dimenangkan oleh Wales.

Timnas Wales kala itu hampir tak dapat mengikuti ajang yang satu ini dan harus mencoba kembali peruntungan di periode selanjutnya. Namun nasib baik justru berkata lain, timnas Wales nyatanya lolos ke Piala Dunia Qatar melalui satu-satunya kursi yang tersisa di zona Eropa.

Gareth Bale dan kawan-kawan lolos setelah menglahkan Ukraina dengan skor 1-0 di Cardiff, pada Senin, 6 Juni 2022 lalu. Dan satu gol tunggal yang menjadi penentu tersebut dicetak tak lain oleh Gareth Bale sendiri, mantan pemain Real Madrid yang kini beralih ke Los Angeles FC.

Laga penentuan tersebut kian emosional bukan hanya bagi para pemain namun juga penonton, bahkan mungkin seluruh masyarakat Wales. Hal ini dikarenakan Wales sendiri sudah menunggu sangat lama untuk mendapatkan kesempatan seperti saat ini.

Bagaimana tidak, terakhir kali Wales berlaga di Piala Dunia adalah pada Piala Dunia 1958. Itu berarti, rakyat Wales telah sabar menunggu selama 64 tahun lamanya. Kini, seluruh bagian dari Wales dapat berbahagia dan mendukung kesebelasan andalan mereka untuk tampil maksimal di Qatar nanti.

Baca Juga: Ronaldinho Percaya Brasil Jadi Juara Piala Dunia 2022

Nantinya, timnas Wales tergabung ke dalam Grup B, bersama Inggris, Iran, serta Amerika Serikat. Inggris sudah jelas tak dapat diremehkan. The Three Lions cukup kaya akan pemain muda, dan juga para pemain yang berpengalaman. Namun mengingat timnas Inggris selalu menjadi bulan-bulanan publik karena performanya dianggap tak cukup baik, bahkan Piala Dunia 1966 merupakan gelar juara pertama dan terakhir, sejauh ini bagi mereka.

Di sisi lain, Amerika Serikat juga tak bisa dipandang remeh, namun dalam laga uji coba, Amerika Serikat justru kalah dari Jepang, Kosta Rika, dan Kanada. Sementara Iran, juga harus mendapatkan cukup perhatian terutama karena merka merupakan tim terkuat di Asia.

Sorak Sorai Pendukung

Suporter Timnas Wales

Balam sebuah wawancara di BBC, para pendukung Wales bahkan belum percaya bahwa kemenangan Wales tersebut adalah nyata. Tak hanya itu, pejabat di kementerian Wales, Michael Sheen, Gabby Logan, serta sederet selebriti, beramai-ramai memuji keberhasilan Gareth Bale dan kolega.

Baca Juga: 6 Kiper Mentereng yang Akan Tampil di Piala Dunia 2022

Mark Drakeford, yang dikenal sebagai politisi di Wales serta pernah menjabat untuk beberapa posisi penting mengungkapkan, “Sangat menakjubkan apa yang bisa kita capai ketika seluruh negara bersatu”.

Lebih lanjut, fans yang memenuhi Stadion Cardiff City kemudian meninggalkan tempat tersebut di tengah hujan yang cukup lebat. Namun karena euforia haru yang tak tertahankan, mereka tetap berada di jalanan untuk merayakan kemenangan atas Ukraina, sebelum akhirnya mereka akan melihat skuad asuhan Rob Page tampil di Qatar.

“Ini pertama kalinya dalam kedua hidup kami bahwa kami melihat Wales lolos ke Piala Dunia”, jelas Llanelli, seseorang yang berusia 63 tahun, menonton pertandingan tersebut bersama Katie, sang cucu yang baru berusia 14 tahun.

Dengan hasil tersebut, Wales tergabung bersama dua nama lainnya sebagai tim yang terakhir lolos ke Piala Dunia, yakni Australia dan juga Kosta Rika.

Latest stories

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini